EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER
PENDAHULUAN
Komputer adalah barang yang umum dan sering kita temui saat ini. Bahkan
sekarang sudah hampir setiap orang, khusunya pelajar, mahasiswa dan praktisi
pendidikan sudah memiliki komputer sendiri. Komputer yang pada awalnya dibuat sebagai alat
bantu hitung kini berkembang dengan sangat pesat. Game, software dan aplikasi –
aplikasi digital kini dapat dilakukan dengan alat yang disebut komputer ini.
Bahkan sekarang ini dengan perkembangan internet, komputer bisa menjadi alat mencari uang, transfer
uang, media bisnis, komunitas dan lain sebagainya. Dengan fungsinya yang begitu
banyak dan penting, maka kini komputer merupakan
salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang.
1.
EVOLUSI ARSITEKTUR
1950 -1960 : Arsitektur
computer adalah suatu Komputer aritmatik atau biasa disebut juga
kalkulator.komputer ini dibuat untuk menghitung persamaan matematis pada masa
peperangan pada saat itu.
1970 – pertengahan
1980 : Arsitektur computer adalah
suatu desain instruksi untuk suatu Kompiler
1990 :
Arsitektur computer adalah suatu bentuk desain CPU, system memori,system
I/O, multiprosesor dan network computer
2010 : Arsitektur
komputer: suatu system yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat
mengorganisasikan sendiri, system DNA.
2.
KLASIFIKASI ARSITEKTUR
Pada komputer
terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya memilik
klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi arsitekturnya
menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin Von
Neumann :
1. Mempunyai
subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah
I/Osistem
2. Merupakan
stored-program computer
3. Menjalankan
instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur
(path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966,
Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program
yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4
klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang
mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu
persatu.
1. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol
yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen
Pemroses
1. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Adadua kategori:
– Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
– Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
– Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
– Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple
Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut
multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
3.KUALITAS
ARSITEKTUR KOMPUTER
1.Generalitas, Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi
yang bisa cocok dengan arsitektur. dan computer yang terutama digunakan untuk
aplikasi bisnis menggunakan aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua
jenis aritmetik.Salah satu pembahasan utama oleh kalangan
peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah persoalan bagusnya generalitas.
2.DayaTerap(Applicability),
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang
telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk
satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2)
aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang
biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik
floating point ekstensif.
3.Efesiensi,
Efisiensi adalah ukuran rata-ratajumlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun
tidak memastikan) terjadinya implementasi yang efisien. Salah satu sifat
arsitektur yang efisien adalah bahwa ia secara relative cenderung sederhana.
Karena untuk merancang sistem yang kompleks secara benar begitu sulit, maka
kebanyakan komputer mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang
sederhana,yaitu CU.
4.KemudahanPenggunaan,
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer
sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu, kemudahan
penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5.DayaTempa(Maleability),
Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk
implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur
itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT,
spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir
sama.
6.DayaKembang(Expandibility), Daya kembang (expandability) adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur,misalnya
kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Dalam hal ini,
daya kembang juga berkaitan dengan jumlah CPU yang dapat digunakan oleh
system secara efektif.
4.FAKTOR KEBERHASILAN
Adabeberpa faktor
yang mempengaruhi keberhasilan arsitekturkomputer, tiga diantaranya
adalah :
1. Manfaat
Arsitektural
2. Kinerja Sistem
3. Biaya Sistem
5.
STRUKTUR DASAR KOMPUTER DAN ORGANISASI KOMPUTER
Suatu sistem komputer terdiri darilima unit struktur dasar, yaitu:
§ Unit masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat
perintah atau instruksi yang dilakukan kepada komputer oleh pengguna
§ Unit kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit
yang berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam
komputer
§ Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /
ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau
perhitungan
§ Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang
dilakukan komputer
§ Unit keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil
yang diharapkan dari suatu inputan yang telah dimasukkan
Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih
cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional
.Referensi
Komentar
Posting Komentar